Komponen Intellectual Capital

Komponen Intellectual Capital terdiri dari dua kompenen yaitu human capital dan structural capital atau organizational capital, adapun penjelasan mengenai keduanya adalah sebagai berikut:

Human Capital

Human Capital merupakan Ifeblood dalam modal intelektual. Disinilah tercipta sumber inovasi dan kemajuan suatu perusahaan, tetapi modal manusia merupakan komponen intellectual capital yang sulit diukur. Human Capital merupakan tempat sumbernya pengetahuan yang sangat berguna.

Ketrampilan, dan kompetensi, dalam suatu organisasi atau perusahaan. Human Capital merupakan kemampuan perusahaan secara kolektif untuk menghasilkan solusi yang terbaik berdasarkan penguasaan pengetahuan dan teknologi dari sumber daya manusia yang dimilikinya.

Human Capital akan meningkat jika perusahaan mampu menggunakan pengetahuan yang di miliki oleh karyawanya. Menurut Bontis, et.al (2000), HC mempresentasikan oleh karyawanya. HC merupakan kombinasi dari genetic inheritance, education, experience, and attitude tentang kehidupan dan bisnis. Human Capital ini nantinya akan mendukung structural capital dan capital employed (Dalam Ulum, 2008).

Structural Capital

Menurut Bontis, et al., (2000), Structural Capital meliputi seluruh non-human storehouses of knowledge dalam organisasi. Termasuk didalamnya database organizational charts, process manuals, strategies, routines dan segala hal yang membuat nilai perusahaan lebih besar dari pada nilai materialnya (dalam ulum, 2008)

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah dipahami bahwa Structural Capital merupakan kemampuan suatu perusahaan dalam-dalam memenuhi proses rutinitas perusahaan dan strukturnya yang berkaitan dengan usaha karyawan untuk menghasilkan kinerja intelektual perusahaan yang optimal serta kinerja bisnis secara keseluruhan, misalnya: sistem oprasional perusahaan, proses manufacturing, budaya organisasi, filosofi managemen dan semua bentuk intellectual property yang dimiliki perusahaan.

Seorang individu memiliki intellectualitas yang tinggi, tetapi jika perusahaan memiliki system oprasi dan prosedur yang buruk maka intellectual capital tidak dapat mencapai kinerja secara optimal dan potensi yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal

Baca Juga : Pengertian dan Pengukuran Intellectual Capital

Belum ada Komentar untuk "Komponen Intellectual Capital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel