Contoh Instrument Angket Dan Tes Dalam Penyusunan Skripsi

Hal yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa yang kebetulan Skripsinya menggunakan instrument angket dan tes dalam mengumpulkan data-data penelitiannya adalah berusaha sesistematia mungkin dalam pembuatan instrument-instrumen tersebut. Tidak boleh asal-asalan.
Contoh Kasus: Seorang Mahasiswa melakukan sebuah peleitian dengan judul "Hubungan Pemberian Motivasi ARCS Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN Karangbolong"
  • Untuk memperoleh Data Mengenai "Pemberian Motivasi ARCS" Peneliti menggunakan Angket.
  • Untuk Memperoleh Data mengenai "Hasil Belajar Matematika Siswa" Peneliti Menggunakan Tes.
Maka langkah-langkah yang harus dilakukan peneliti dalam membuat Angket dan Tes yang untuk kemudian disebarkan kepada responden harus sistematis. Yaitu hendaknya sebelum Instrument penelitian (angket/Tes) hendaknya terlebih dahulu membuat kisi-kisi variabel penelitian terlebih dahulu, baru kemudian membuat Instrument penelitiannya. Adapun contoh-contohnya adalah sebagai berikut:

KISI-KISI INSTRUMEN ANGKET
(PEMBERIAN MOTIVASI ARCS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Setelah kisi-kisi angket dibuat, untuk kemudian, dibuatlah angket untuk kemudian disebarkan ke Responden Penelitian, adapun bentuknya sebagai berikut:
Selanjutnya karena Variabel Y dalam Skripsi ini menggunakan Tes, maka pertama-tama sebelum membuat Tes, terlebih dahulu peneliti membuat Kisi-Kisi instrumen Tes Variabel X sebagai berikut:
 
KISI-KISI INSTRUMEN TES
(HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA) 
 
KISI-KISI PENILIAN TES MATEMATIKA
  • Keseluruhan Soal Tes Berjumlah 15 Soal dengan rincian, 10 Soal terdiri dari pilihan ganda dan 5 soal pertanyaan (esay)
  • Setiap kali siswa dapat menjawab soal pilihan ganda diberikan nilai 1, sehingga apabila siswa berhasil menjawab seluruh soal pilihan ganda maka akan diberikan nilai 10.
  • Setiap kali siswa dapat menjawab soal esay niberikan nilai 2, dan apabila siswa dapat menjawab keseluruhan soal esay maka akan diberikan nilai 10 atau 2 x 5 = 10. Adapun rinciannya dalah sebagai berikut:
Selanjutnya, setelah kisi-kisi pembuatan tes serta penilaianya telah dibuat maka, bentuk tes yang dibuat berdasarkan kisi-kisi tes di atas adalah sebagai berikut:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel