Definisi Celebrity Endorser, Dimensinya dan Indikatornya

Definisi Celebrity Endorser

Rama Kertamukti (2015:69) mengemukakan bahwa:”Celebrity adalah tokoh (actor, penghibur, atau atlet) yang terkenal karena prestasinya didalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukungnya”.

Pilihan pada celebrity ini dapat dilakukan melalui berbagai pertimbangan antara lain adalah:

  1. Pilihan akan dijatuhkan pada celebrity yang kala itu sedang naik daun, dengan permasalaha apakah celebrity yang dipilih dapat mewakili karakter produk yang sedang diiklankan.
  2. Yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, diharapkan celebrity menjadi spoke person dari merek produk.

Kotler dan Keller (2006:506) dalam Rama Kertamukti (2015:68) mengemukakan bahwa: “Penggunaan narasumber (source) sebagai figur penarik perhatian dalam iklan merupakan salah satu cara kreatif untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan oleh narasumber yang menarik akan lebih mudah dan menarik perhatian konsumen”.

Melalui keunggulan celebrity konsumen akan lebih mudah dan mengingat suatu produk tersebut, sehingga akan membuat konsumen menetapkan pilihan produk dari banyaknya produk dan merek yang ada.

Rama Kertamukti (2015:71) mendefinisikan bahwa:
“Iklan yang menggunakan endorser adalah iklan dengan tokoh atau idola masyarakat. Penggunaan endorser dimaksud untuk memberikan dorongan kepada pesan iklan agar lebih mudah diterima oleh konsumen dan mempermudah tumbuhnya keyakinan konsumen atas produk yang diiklankan. Dalam praktik pembuatan iklan, terdapat bebagai jenis endorser yang digunakan. Pemilihan jenis endorser didasarkan pada jenis produk dan tujuan periklanan”.

Rama Kertamukti (2015:69) mengemukakan bahwa, selebriti yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, bisa berfungsi untuk:

  1. Memberi kesaksian (testimonial).
  2. Memberi dorongan dan kekuatan (endorsement).
  3. Bertindak sebagai actor dalam iklan.
  4. Bertindak sebagai juru bicara perusahaan.

Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa celebrity endorser adalah seorang tokoh bintang iklan untuk mempromosikan produk yang diiklankan sehingga akan mempermudah konsumen untuk melakukan pembelian dan celebrity itu sendiri telah dipercaya mampu mewakili merek yang diiklankan tersebut.

Dimensi Celebrity Endorser

Rama Kertamukti (2015:70) terdapat tiga dimensi dalam celebrity endorser yaitu :
Visibility adalah seberapa jauh popularitas selebriti.
Credibility adalah berhubungan dengan keahlian (pengetahuan selebriti tentang produk) dan objektivitas (kemampuan selebriti untuk memberi keyakinan atau percaya diri pada konsumen tentang suatu produk tertentu).
Attraction adalah daya tarik sang bintang, yaitu tingkat disukai (likeability) dan tingkat kesamaan dengan personality yang diinginkan pengguna produk.
Indikator Celebrity Endorser
Rama Kertamukti (2015:70) dari tiga dimensi terdapat beberapa indikator yaitu:

1.Visibility

a.Tingkat popularitas celebrity endorser.

2.Credibility

a.Kehandalan celebrity dalam memberi keyakinan konsumen
b.Tingkat pengetahuan tentang produk yang diiklankan

3.Attraction

a.Pandangan konsumen terhadap bintang iklan sebagai pendukung produk yang diiklankan.
b.ingkat kesamaan celebrity endorser dengan produk yang diinginkan konsumen.

Belum ada Komentar untuk "Definisi Celebrity Endorser, Dimensinya dan Indikatornya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel