Macam-Macam Motivasi

Menurut Wina Sanjaya (2008: 256) bahwa motivasi dapat dibedakan yaitu ada yang muncul dari dalam diri individu atau motivasi intrinsik dan ada yang datang dari luar diri yang disebut motivasi ekstrinsik.

Motivasi intrinsik
Yang dimaksud dengan motivasi intrinsik adalah motiv-motiv yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Motiv ini berkembang dengan sendirinya.

Motivasi ekstrinsik 
Yang dimaksud dengan motivasi ekstrinsik adalah motiv-motiv yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang  dari luar diri individu. Motivasi ekstrinsik ini tidak timbul dan berkembang dengan sendirinya, melainkan selalu berdasarkan interaksi dengan situasi dan sesuatu yang terdapat di luar individu.

Macam-macam motivasi menurut Sardiman A.M (1996: 85-88) adalah:
Motivasi dilihat dari dasar pembentukannya. Motivasi ini terbagi menjadi dua:
  • Motiv-motiv bawaan, adalah motiv yang dibawa sejak lahir, Motiv ini sudah ada tanpa dipelajari. Misalnya dorongan untuk makan, minum, dan dorongan untuk bekerja.
  • Motiv-motiv yang dipelajari, maksudnya motiv yang timbul karena dipelajari. Misalnya dorongan untuk belajar ilmu pengetahuan.
Jenis motivasi menurut pembagian dari Woodwort dan Marquis. Kedua ahli ini menggolongkan motivasi menjadi tiga macam, yaitu:
  • Motiv organis, meliputi kebutuhan untuk makan, minum, bernafas, seksual, dan kebutuhan untuk istirahat.
  • Motiv-motiv darurat. Yang termasuk dalam jenis Motiv ini antara lain: dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, untuk berusaha, dan untuk memburu.
  • Motiv-motiv objektif. Dalam hal ini menyangkut kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.
Motivasi jasmaniah dan rohaniah
Ada beberapa ahli yang menggolongkan jenis motivasi itu menjadi dua jenis yakni motivasi jasmaniah dan motivasi rohaniah. Yang termasuk motivasi jasmaniah seperti refleks, instink otomatis, nafsu. Sedangkan yang termasuk motivasi rohaniah yaitu kemauan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel