Contoh Penulisan Penelitian Yang Relevan/Terdahulu Dalam Skripsi

Jika skripsi anda berjudul “pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kretaifitas dan hasil pembelajaran siswa”, dan kebetulan dalam sistematika penyusunan skripsi anda mengharuskan adanya penelitian yang relefan/terdahulu dalam bab duanya, maka anda perlu menyimak langkah-langkah pembuatanya sebagai berikut:

Penjelasan tentang penelitian yang relefan/terdahulu

Penelitian yang relevan merupakan suatu tinjauan terhadap penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, yang masih dikaitan dengan suatu objek penelitian yang sedang dilakukan.

Langkah-Langkah Pembuatan

Karena judul dalam skripsi atau penelitian ini yang akan menjadi objek penelitian adalah “Pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS”. Maka anda harus mencari jurnal-jurnal/skripsi yang telah dibuat untuk dijadikan bahan penulisan penelitian yang relafan. Jika seudah ketemu, maka anda baru bisa menuliskannya, demikian contoh penulisannya:

  1. Penelitian yang dilakukan oleh Ni Putu Stya, dkk pada tahun 2014 yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA kelas IV SD di Desa Yahembang Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoyo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Desa Yahembang tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian relevan ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model mind mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional kelas IV SD di Desa Yahembang tahun pelajaran 2013/2014 ( thitung =3,87 ; ttabel = 2,076) dimana perbandingan perhitungan hasil belajar  IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model mind  mapping adalah X= 13,70 lebih besar dari hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional adalah X= 10,42. Hal ini berarti penerapan model mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Yahembang gugus IV Dipeonegoro Kecamatan Mendoyo.
  2. Penelitian yang dilakukan oleh Ramlan pada tahun 2012 yang berjudul “Pengaruh Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas siswa dalam belajar pada pembelajaran advance organizer, dan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dan hasil belajar siswa pada media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer. Penelitian yang dilakukan oleh Ramlan menggunakan pendekatan eksperimen adalah untuk melihat tingkat kreatiavitas anak dan perbedaan hasil belajar anak antara menggunakan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping (E1) dengan model advance organizer (E2). Dari hasil penelitian terlihat bahwa penggunaan penggunaan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping pada mata pelajaran kimia memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang hanya menggunakan model advance organizer. Hal ini dapat dilihat dari dari kelas eksperimen 1(E1) mendapat  nilai rata-rata pretes sebesar 37,14 dan rata-rata postes sebesar 80,00 sedangkan kelas eksperimen 2 (E2) mendapat nilai rata-rata  pretes sebesar 21,86 dan rata-rata postes sebesar 68,00. Berdasarkan perhitungan statistik yang dilakukan pengujian homogen data dilakukan dengan uji kesamaan dua varians. Kritria pengujian adalah Fhitung < Ftabel maka data kedua kelas homogen. Dari uji homogenititas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,449<1,766) maka dapat disimpulkan bahwa data pretes kedua kelas bersifat homogen pada taraf signifikansi (α = 0, 05) dan n = 35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kreativitas dengan hasil belajar kimia siswa pada penggunaan mind mapping dalam pembelajaran advance organizer.
  3. Penelitian yang dilakukan Okta prianti dkk pada penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Prestasi belajar IPS”. Penelitian yang dilakukan oleh Okta prianti, dkk dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu, penulis memaparkan bahwa penggunaan model pembelajaran mind mapping mempunyai banyak keunggulan yang dapat membantu memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS. Dari hasil uji hipotes dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil penelitian terbukti bahwa, pertama keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti metode pembelajaran mind mapping hasilnya lebih baik dari pada keterampilan berfikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.  Berdasakan data hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 12, 71 df = 1, dag sig = 0,001 ini berarti sigifikasi lebih kecil dari 0,05 dapat ditarik simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berfikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.  Kedua dalam penelitian tersebut terdapat perbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dengan rata-rata 82, 06 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 78, 68, prestasi belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran menggunakan metode mind mapping lebih tinggi dari prestasi belajar IPS yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Berdasarkan ketiga penelitian relevan diatas dengan penelitian yang akan dilakukan oleh penulis, tentu memiliki persamaan maupun perbedaan dalam penelitiannya. Persamaan dari ketiga penelitian relevan dengan penelitian yang akan dilakukan penulis yaitu sama-sama memanfaatkan penggunaan model pembelajaran mind mapping sebagai proses kegiatan pembelajaran dikelas dengan tujuan untuk mengetahui kreatifitas siswa dan hasil belajar siswa.

Perbedaan dari penelitian relevan dengan penelitian yang akan dilakukan penulis yaitu jika pada penelitian pertama hanya terdapat satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa, sedangkan dalam penelitian yang akan dilakukan penulis terdapat dua variabel terikat yaitu kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian kedua perbedaannya terletak pada mata pelajaran yang diteliti. Jika pada penelitian relevan mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran Kimia, sedangkan dalam penelitian yang akan dilakukan oleh penulis mata pelajaran yang akan diteliti adalah mata pelajaran IPS. Pada penelitian yang ketiga juga terdapat perbedaan, dimana pada penelitian yang relevan variabel terikat menjelaskan tentang keterampilan berfikir kreatif dan prestasi belajar IPS, sedangkan penelitian yang akan dilakukan penulis variabel terikatnya adalah kreativitas dan hasil belajar.

Kelebihan antara penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan dipeneliti yaitu pada penelitian yang pertama mengenai model pembelajaran mind mapping disertai metode eksperimen ini tidak hanya bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar saja namun dapat menigkatkan tentang kreativitas dan hasil belajar siswa. Selanjutnya, pada penelitian kedua penelitian bertujuan untuk membentuk peserta didik dengan mengutamakan ability, skill, kecerdasan, kedewasaan dan kesadaran kritis selain untuk meningkatkan kreativitas agar peserta didik tidak merasakan kejenuhan dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS, dan untuk meningkatkan hasil belajar yang diinginkan. Sedangkan pada penelitian ketiga terletak pada variabel terikat yang digunakan yaitu keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa yaitu dengan adanya keterampilan berfikir kreatif yang dimiliki siswa akan mempengaruhi keberhasilan model mind mapping yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa, karena semakin tinggi keterampilan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa akan memperkuat model pembelajaran yang diterapkan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Penulisan Penelitian Yang Relevan/Terdahulu Dalam Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel