Langkah-Langkah Bimbingan Skripsi

Lebih dari 20 Perguruan tinggi yang ada di wilayah Cirebon (Ciayumajakuning) mempunyai peraturan atau metode masing-masing dalam membimbing Mahasiswa/i nya. 
Akan tetapi secara umum langkah-langkah bimbingan Skripsi di Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Cirebon adalah sebagai berikut;
  • Mahasiswa/i setelah menemukan masalah penelitian berdasarkan pengamatannya kemudian sesegera mungkin menuliskan Judul Skripsinya dalam 1 lembar kertas. 
  • Mahasiswa/i menghadap ketua Fakultas/Prodi untuk mendiskusikan judul Skripsi yang telah dibuat sebelumnya sembari menyerahkan selembar kertas yang berisi judul Skripsi tersebut. 
  • Jika judul Skripsi tersebut di Acc (Diterima) ketua Fakultas/Jurusan/Prodi akan memerintahkan Dosen yang dipilih untuk menjadi Pembimbing I, dan tugasnya membimbing Mahasiswa/i tersebut. 
  • Mahasiswa/i Membuat Proposal Skripsi dengan bimbingan dari pembimbing I hingga jadi. 
  • Seminar propsal Skripsi dilakukan Mahasiswa/i setelah selesai dalam membuat proposal Skripsi. Adapun yang menguji proposal Skripsi dalam seminar/sidang Proposal Skripsi adalah Dosen Pembimbing Skripsi II yang ditunjuk Ketua Fakultas/Jhrusan/Prodi. 
  • Jika dalam seminar Proposal Skripsi di Acc ( Priposal Skripsi diterima) maka selanjutnya Mahasiswa/i  membuat lanjutan Proposal Skripsi (Bab II-V atau Bab IV-V jika Proposal Skripsi langsung dibuat dalam III bab). 
  • Dan yang terakhir apabila Mahasiswa/i sudah selesai membuat Skripai dari mulai Cover-lampiran kemudian sesegera mungkin mendaftarkan diri untuk Sidang Skripsi.
Sidang Skripsi dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi. Adapun yang menyidang Skripsi Mahasiswa/i adalah Dosen yang ditunjuk Ketua Fakultas/Jurusan/Prodi selain Pembimbing I dan II. Dosen yang menyidangkan Skripsi tersebut berjumlah dua orang yaitu Dosen Penguji I dan II. Apabila dalam sidang Skripsi, Skripsi Mahasiswa/i di Acc maka untuk selanjutnya sesegera mungkin Mahasiswa/i menjilid Skripsi untuk kemudian diserahkan kepda Pihak perguruan tinggi, sebagai syarat untuk dapat melaksanakan Wisuda.  

Baca juga di tata cara agar skripsi dapat nilai A di SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel