Cara Cepat Membuat Angket Untuk Skripsi

Angket adalah salah satu instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti (Pembuat Skripsi) untuk mendapatkan data-data penelitian yang sedang dicari. Dalam membuat angket yang pertama-tama perlu dipahami oleh anda adalah apakah Skripsi anda menggunakan angket atau tidak dalam mengumpulkan data-data penelitiannya, kalau iya maka barulah anda membuat angket. Perlu dipahami membuat angket ini tidak boleh membuatnya dengan asal-asalan, ada aturannya tersendiri.  

Contoh Kasus: Apabila anda membuat judul skripsi dengan judul “Hubungan Manajemen Pengaturan Shift Kerja Dengan Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Apita Cirebon Tahun 2016”
 
Maka diketahui bahwa  yang menjadi Variabel X adalah “Manajemen Pengaturan Shift Kerja”. Sendangkan yang dijadikan Variabel Y adalah “Peningkatan Kinerja Karyawan”

Untuk mengetahui bagaimana "manajemen pengaturan shift kerja" serta "peningkatan kinerja Karyawan" tentu anda selanjutnya menanyakannya ke Karyawan-karaywan hotel tersebut, akan tetapi jika pertanyaan tersbut dalam bentuk wawancara otomatis tidak evektif karena Karyawan yang bekerja di Hotel tersebut banyak, oleh karena itu yang paling efektif adalah menyodorkan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk Angket.

Dalam membuat angket terlebih dahulu anda harus membuat oprasional Variabel Penelitian baik Oprasional Variabel X maupun Y.
Perlu anda ketahui bahwa pembuatan oprasional Variabel penelitian harus didasarkan pada teori para ahli. Dalam kasus ini, adalah "Teori para ahli mengenai Manajemen Shif Kerja dan Peningkatan Karywan". 

Adapun  Oprasional Variabel Penelitian untuk judul di atas adalah sebagai berikut:

Oprasioan Variabel X
Oprasioanal Variabel X di atas didsarkan pada pendapat Sri Mulyani (2004) Bahwa menurutnya Manajemen (dibaca pengaturan) pembuatan Shif kerja itu terdiri dari Proses Pembuatan, Jenis Shif Kerja Yang dibuat, Serta Efektifitasnya (perhatikan dalam kolom Sub Variabel). Setelah itu barulah kita membuat Indikator dari tiap-tiap sub variabel, dan selanjutnya indikator-indikator tersbut kamu jadikan pertanyaan-pertanyaan angket. Sementara kolom Item Soal menujukan jumlah pertanyaan angket yang akan anda buat.

Maka jika Pertanyaan-pertanyaan angket yang anda buat didasarkan pada Oprasional Variabel Penelitian di atas maka angket Variabel X nya adalah sebagi berikut:
Soal 1, dan 2 membahas mengenai Adanya Manajer Pembuat dan Penyusun Keraja yang diwujudkan dalam pertanyaan berbentuk pernyataan, yaitu :
  1. Pembuatan shift kerja di Hotel Apita Cirebon dilakukan oleh seorang manajer dibantu karyawan lain
  2. Manajer adalah penentu utama dalam pembuatan shift kerja di Hotel Apita Cirebon
Adapun pilihan jawan yang cocok dipergunakan dalam soal-soal angket jenis pernyataan di atas adalah SS (Sangat Setuju) S (Setuju) TS (Tidak Setuju) Sangat Tidak Setuju (STS). Demikianlah tata cara pembuatan angket untuk Skripsi. Adapun untuk Variabel selanjutnya langkah-langkahnya juga sama, dibuat dahulu oprasional variabelnya baru kemudian dibuatkan angketnya.

Adapun Oprasioanal Variabel Y dan Angket untuk judul Skripsi sebagaimana kasus di atas adalah sebagai berikut:

Oprasional Variabel Y
Angket Variabel Y

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel