Teori Tentang Peran Guru dan Siswa Dalam Kegiatan pembelajaran

Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan peran guru yang sangat kompleks dalam suatu kegiatan pembelajaran yaitu mengajar, memberi dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh, membiasakan dan sebagainya (Tafsir, 2008:78)

Beberapa peran guru dan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar meliputi beberapa hal, yaitu guru sebagai perancang pembelajaran (designer of instruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai evaluator (evaluator of student learning), guru sebagai konselor, guru sebagai pelaksana kurikulum (Hamzah, 2007: 23)
John P. Dececco William Crowfort, dalam bukunya The Psychology of Learning and Instruction Educational Psychology menyatakan pendapat Bugelsky bahwa, Guru dalam proses belajar mengajar berfungsi sebagai motivator (pendorong), reinforce (pemberdaya) dan instructor (pelatih) (Siregar, 1985: 8).

Sementara yang dimaksud siswa adalah seseorang anggota masyarakat yang sengaja belajar di sekolah tingkat dasar sampai menengah atau lembaga pendidikan lain (Depdiknas, 2003:1077). Menurut Hamalik (2001: 99), siswa adalah salah satu komponen yang terpenting dalam pembelajaran disamping faktor guru, tujuan dan metode pengajaran, ia adalah unsur penentu dalam proses belajar mengajar.

Berdasarkan penjelasa di atas dapatlah dinyatakan bahwa peran guru dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai desainer pembelajaran (designer of instruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai evaluator (evaluator of student learning) guru sebagai konselor, dan sebagai pelaksana kurikulum. Sementara peran siswa adalah sebagai seseorang yang memperoleh pengajaran dari guru termasuk didalamnya berperan juga sebagai penggerak dari baik atau buruknya penerapan metode pembelajaran yang diterapkan guru, sebab dalam penggunaan metode belajar oleh guru, siswa dituntut untuk dapat mandiri, dan berperan sebagai subjek pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "Teori Tentang Peran Guru dan Siswa Dalam Kegiatan pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel