Struktur Teks Deskripsi Beserta Contohnya

Menurut Mahsun (2014:45), struktur teks deskripsi terbagi kedalam 3 jenis pembagian yaitu judul, deskripsi umum dan deskripsi bagian, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Judul

Judul merupakan kompenen utama dalam teks deskripsi, sebab judul pada dasarnya merupakan gambaran objek yang dideskripsikan.

Teks Deskripsi Umum

Deskripsi umum adalah struktur teks deskripsi yang memuat definisi secara umum tentang obyek yang di deskripsikan. Struktur teks ini memuat berbagai macam unsur kebahasaan antara lain, rujukan kata dan kata definisi. Pada dasar nya deskripsi umum, definisi umum (pada teks obsrvasi), tesis (pada teks eksposisi), dan pernyataan umum (pada teks eksplanasi) adalah sama.

Teks Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah struktur teks deskripsi yang memuat deskripsi secara terperinci dan menggambarkan secara jelas obyek yang dideskripsikan. Bagian ini sekaligus memuat manfaat dari obyek. Bagian ini adalah bagian isi sekaligus penutup teks dan bagian deskripsi umum sebagai pembukaan.

Shinigami (2013), dalam Wikipedia menjelaskan bahwa Struktur karangan deskripsi meliputi identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada dalam teks yang diamati. Klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis dan kelompok. Deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Berdasarkan pendapat ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa struktur teks deskripsi terdiri dari judul, deskripsi umum, dan deskripsi bagian.

Adapun contoh teks deskripsi adalah sebagai berikut:

Kelas XII IPS 1

Kelas XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.
Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.
Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.
Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.
Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami. (Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-deskripsi)

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Deskripsi Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel