Teori Tentang Strategi Poster Seasion Dalam Kegiatan Pembelajaran

Strategi Poster Session paada dasarnya merupakan bagain daripada stategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, adapun pengertian strategi pembelajaran adalah sebagai berikut:
Pengertian Strategi Poster Session
Rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu yakni tujuan pembelajaran (Majid,2013:7).

Poster session merupakan sebuah stretegi  cerita dan gambar yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan persepsi dan perasaan mereka tentang topik yang sekarang sedang didiskusikan dalam sebuah lingkungan yang tidak menakutkan, penggunaan strategi ini diantaranya ditujukan untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami isi sebuah bacaan kemudian mampu untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar.(Mel Silberman, 2009: 180).

Dengan demikian strategi poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk gambar dan dari gambar tersebut diharapkan semua siswa dapat menghafalkan isi bacaan secara mudah dan ingatan siswa terhadap bacaan tersebut dapat bertahan lama. 

Strategi ini bisa bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Meskipun demikian menurut Djamarah (2010: 408) bahwa “hendaknya apabila strategi tersebut diterapkan pada tingkatan sekolah dasar harus disertai dengan manajemen kelas yang baik agar supaya tidak menimbulkan kegaduhan”. Dalam kegiatan ini, masing-masing kelompokmendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil kerja mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain.

Selanjutnya menurut Sardiman (2011: 46) dinyatakan bahwa “Poster tidak saja penting untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu tetapi dia mampu pula untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya”. Dengan demikian dapatlah kemudian dipahami bahwa poster berfungsi untuk mempengaruhi siswa dalam proses belajar mengajar untuk menyayangi lingkungan dapat dituangkan lewat poster.

Dengan demikian maka dapatlah juga dinyatakan bahwa strategi  pembelajaran poster session adalah strategi presentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka.

Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, seng,dan semacamnya. Pemasangannya bisa di kelas, di luar kelas, di pohon, di tepi jalan, dan di majalah. Ukurannya bermacam-macam, tergantung kebutuhan. Namun secara umum, poster yang baik hendaklah : (1) Sederhana (2) Menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok (3) Berwarna (4) Slogannya ringkas dan jitu (5) Tulisannya jelas (6) Motif dan disain bervariasi (2011: 47).

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dapatlah dipahami bahwa secara umum pengertian Poster session adalah sebuah teknik atau cara dalam kegiatan pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk gambar yang mana dengan gambar tersebut siswa dapat memahami isi sebuah bacaan kemudian mampu untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Poster Session
Poster Session mempunyai kelebihan dan kekurangan didalamnya, adapun penjelasanya adalah sebagai berikut:
Kelebihan
  • Merupakan cara yang bagus untuk memberi informasi kepada siswa secara cepat.
  • Memahami apa yang mereka bayangkan,dan memerintahkan pertukaran gagasan antar mereka.
  • Merupakan cara baru dan jelas yang memungkinkan siswa mengungkapkan persepsi dan perasaan mereka tentang topic yang sedang didiskusikan dalam suasana santai dan menyenangkan.
  • Dapat menjelaskan suatu masalah, dalam segala bidang dan tingkat usia, sehingga dapat memecahkan kesalah pahaman.
  • Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.
  • Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, dan mendemontrasikan. (Sujana, 2005: 45)
Kekurangan
  • Poster hanya menekan persepsi indera mata, poster yang terlalu komplek kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran, dan ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar.
Langkah-Langkah Penggunaan Strategi Poster Session
Penggunan strategi Poster Session dalam kegiatan pembelajaran tentu mempunyai langkah-langkah yang harus di gunakan oleh pengajar, langkah-langkah ini digunakan agar penggunaan strategi Poster Session dalam kegiatan pembelajaran dapat perjalan dengan baik adapun langkah-langkahnya dalah sebagai berikut:
  • Mintalah setiap peserta didik menyeleksi sebuah topik yang dikaitkan dengan topik umum atau yang sedang didiskusikan atau dipelajari.
  • Mintalah peserta didik mempersiapkan gambar visual konsep mereka pada sebuah poster atau papan pengumuman. Isi poster tersebut harus jelas, agar pengamat dapat dengan mudah memahami tanpa penjelasan tertulis atau lisan. Akan tetapi, peserta didik boleh saja memilih mempersiapkan satu halaman hand-out untuk mendampingkan poster yang menerangkan lebih detail dan menayangkan bacaan lanjut.
  • Selama sesi kelas berlangsung, mintalah peserta didik memasang gambar presentasi, dan dengan bebas berkeliling di ruangan memandang poster yang lain.
  • Lima belas menit sebelum kelas selesai, berundinglah dengan seluruh kelas dan diskusikan keuntungan apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut (Mel Silberman, 2009: 180-181).
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapatlah kemudian dipahami bahwa Strategi  pembelajaran poster session adalah strategi presentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel