Cara Membuat Judul Skripsi

Judul dalam sebuah Skripsi bukan hanya muncul begitu saja, atau bukan juga muncul karena kita terinspirasi dari judul-judul skripsi orang lain yang kita baca. Judul dalam sebuah skripsi muncul berdasarkan latar belakang masalah yang dijumpai dalam sebuah riset atau penelitian. 

Dalam hal apapun sebenarnya judul biasanya muncul belakangan setelah terjadinya suatu masalah. Seperti, ada seorang yang menuliskan tentang kisah hidupnya dalam sebuah buku agenda harian, atau dalam apapun, dan setelah kisahnya itu menurut sipenulis sudah di anggap layak dibaca dan selesai ditulis, maka untuk kemudian barulah sipenulis memberikan judul untuk karya tulisnya itu. 

Dengan kata lain judul itu datang belakangan dibanding isi tulisan kisah hidup dari seseorang tersebut. Begitupun dengan penulisan sebuah lagu, para pencipta lagu pertama-tama menuliskan syair-syair lagunya, dan setelah syair-syair lagu tersebut ditulis barulah judul dari sebuah lagu itu kemudian ditulis.
Kembali kemasalah judul Skripsi. Judul sebuah skripsi dibuat setelah sebelumnya kita menemukan latar belakang masalah dalam penelitian. Contoh

"Ketika kita melakukan observasi di sebuah Sekolah, kita menemukan sesuatu yang baik yaitu setiap guru-guru disekolah tersebut adalah guru-guru yang secara berpakaian Rapi, bukan hanya sekedar rapi saja, guru-guru disitu juga berpakaian sesuai syariat dalam artian pakain yang dipakainya amat begitu sopan, baik guru-guru perempuannya, maupun guru-guru laki-lakinya". 

Namun selain hal positif yang didapat dari kegiatan observasi di sekolah tersebut, ternyata kita juga menemukan sesuatu yang dianggap negative yaitu:

"Siswa-sisiwi disekolah tersebut mayoritas berpakian tidak sopan, seperti pakian siswi-siswinya yang ketat menonjolkan bentuk tubuhnya, ataupun kalau berjilbab tidak seperti berjilbab, sementara siswa laki-lakinyapun demikian berpakian urakan, bahkan ada yang sengaja disobek, baju yang terlalu pendek dan lain sebagainya yang secara dipandang mata sangat tidak sopan dalam berpakaian". 

Dari penemuan hasil observasi tersebut dapatlah kemudian kita rincikan penemuan itu dengan singkat yakni :
  • Guru berpakian sopan 
  • Murid berpakian tidak Sopan
Kedua penemuan tersebut merupakan masalah penelitian dalam latar belakang sebuah penelitian, mengapa demikian? Nah jawabnya ya karena secara teoritis bahwa guru adalah panutan, yang digugu dan ditiru, tapi pada kenyataannya mengapa murid berpakaian tidak sopan dan tidak meniru gurunya yang berpakaian sopan? Padahal seharusnya kalau guru berpakaian sopan maka muridnya tentu berpakian sopan, seperti kalau setelah makan ya kenyang, maka tidak mungkin kalau orang setelah makan menjadi lapar. Seperti itulah kira-kira persamaanya.

Oleh karena itulah masalah di atas tersebut adalah merupakan masalah dalam sebuah penelitian, dan masalah dalam sebuah penelitian yang memerlukan jawaban tersebut nantinya disebut sebagai masalah penelitian. Dan kemudian dari penemuan masalah dalam sebuah penelitian tersebut barulah kita selanjutnya merumuskan sebuah judul penelitian/judul skripsi, maka judul skripsi yang boleh dituliskan dalam latar belakang maslah seperti itu adalah:
  • Hubungan tata cara berpakaian guru dengan tata cara berpakian siswa-siswi di Sekolah…..  
  • Pengaruh tata cara berpakaian guru terhadap tata cara berpakian siswa-siswi di Sekolah…..
Demikian ulasan seputar bagaimana kita membuat sebuah judul dalam penyusunan skripsi, apabila kita mampu dan memahami tata cara pembuatan judul dalam skripsi sebagaimana yang telah dijelaskan, maka jangankan kita membuat satu atau dua judul membuat ratusan judulpun kita pasti akan mampu. Sebab itu pahamilah tata caranya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel