Pengertian dan Tujuan Reward dalam Kegiatan Pembelajaran

Pengertian

Reward berasal dari bahasa Inggris yang artinya hadiah, ganjaran, penghargaan atau imbalan. Reward sebagai alat pendidikan diberikan ketika siswa  melakukan sesuatu yang baik. Menurut Djamarah (2008: 182), reward (hadiah) adalah memberikan sesuatu kepada orang lain sebagai penghargaan atau kenang-kenangan/cenderamata. Hadiah yang diberikan kepada orang lain berupa apa saja, tergantung dari keinginan pemberi.

Bentuk reward yang lain juga bisa disesuaikan dengan prestasi yang dicapai oleh seseorang. Semua orang berhak menerima hadiah dari seseorang dengan motif-motif tertentu. Menurut Slameto (2010: 171), reward merupakan suatu penghargaan yang diberikan guru kepada siswa sebagai hadiah karena siswa tersebut telah berperilaku baik dan sudah berhasil melaksanakan  tugas yang diberikan guru dengan baik.

Sementara itu Purwanto (2011: 182) mengemukakan reward adalah alat untuk mendidik anak-anak supaya anak merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan.Sejalan dengan itu Hamalik (2009: 184) mengatakan bahwa reward memiliki tujuan untuk membangkitkan atau mengemban minat, reward ini hanya berupa alat untuk membangkitkan minat saja bukanlah sebagai tujuan.

Tujuan pemberian penghargaan dalam belajar adalah bahwa seseorang akan menerima penghargaan setelah melakukan  pembelajaran dengan baik dan akan melakukan pembelajaran sendiri di luar kelas. Reward juga bisa dikatakan sebagai motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya (Sardiman, 2007: 92).

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa reward adalah segala sesuatu yang berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan yang diberiakan kepada siswa karena telah berperilaku baik, mendapat hasil atau telah berhasil melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan baik sehingga siswa senantiasa termotivasi untuk mengulang perbuatannya kembali. Diharapkan dari pemberian reward tersebut muncul keinginan dari di anak untuk lebih semangat belajar yang tumbuh dari dalam diri siswa sendiri.

Tujuan

Tujuan yang harus dicapai dalam pemberian reward adalah untuk lebih meningkatkan motivasi intrinsic dari motivasi ektrinsik, dalam artian siswa harus melakukan suatu perbuatan, maka perbuatan itu timbul  dari kesadaran siswa itu sendiri. Adanya pemberian reward itu, juga diharapkandapat membangun suatu hubungan yang positif antara guru dan siswa, karena rewarditu adalah bagian dari pada rasa penjelmaan dari rasa sayang seorang guru kepada siswanya.

Menurut Arif (2002:128) pemberian hadiah atau reward sangat berarti bagi anak yaitu paling tidak dengan adanya hadiah anak akan menjadi percaya diri meskipun pemberian hadiah oleh pendidik tidak selamanya bersifat baik. Pemberian hadiah yang bersifat negatif dan positif sebagaimana yang diungkapkan arif adalah  sebagai berikut:

  • Menganggap kemampuannya lebih tinggi dari teman-temannya atau temanya dianggap lebih rendah. 
  • Dengan pemberian hadiah membutuhkan alat tertentu serta membutuhkan biaya. 
  • Dapat menjadi pendorong bagi anak didik lainnya untuk mengikuti anak yang memperoleh hadiah dari gurunya, baik dalam tingkah laku, sopan santun, semangat dan motivasinya dalam berbuat yang lebih baik  (Arif, 2002: 128). 

Pemberian hadiah adalah bentuk reinforcement atau penguatan yang positif dan sekaligus merupakan motivsi berprestasi maka pemberiannya harus tepat dana disesuaikan dengan kondisi anak.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan Reward dalam Kegiatan Pembelajaran "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel