Cara Cepat Membuat Abstrak Skripsi Dengan Benar

Abstrak dalam sebuah Skripsi merupakan ringkasan isi dari sebuah Skripsi. Abstrak yang baik mengandung 5 macam kandungan singkat yang terdapat dalam sebuah skripsi, yaitu:
Contoh Kasus: 
Seorang Mahasiswa Melakukan Penelitain Skripsi dengan Judul “Analisis Pembuatan AJB (Akte Jual Beli  Tanah) Melalui Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir  Kec Widasari Kab Indramayu”
 
Latar Belakang Yang Terdapat dalam Bab I Skripsi Ini Adalah :
  • Kerancuan Prosedur Serta Langkah-Langkah Pengurusan Akte Jual Beli Tanah Di Desa Bangkaloa Ilir Yang Menurut Observasi asal penelitian dilakukan dengan tanpa mengindahkan aturan-aturan pembuatan AJB
Tujuan Penelitian Yang Terdapat dalam Bab I Skripsi Ini Adalah :
  • Untuk mengetahui prosedur pembuatan AJB yang dijalankan Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir Kecamatan Widsari Kab Indramayu.
  • Untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir Kecamatan Widasari Kab Indramayu dalam membuat AJB.
Dasar-Dasar Pemikiran Yang Terdapat dalam Bab I/II Skripsi Ini Adalah :
  • Syarat-syarat dalam perbuatan hukum terhadap pengalihan hak atas tanah terbagi atas 2 yaitu syarat formil dan materil dan syarat materil inilah adalah salah satu syarat dimana jual beli tanah nantinya akan menghasilkan AJB.
Metode Penelitian Yang Terdapat dalam Bab III Skripsi Ini Adalah :
  • Metode Deskriptif Kualitatif Study Kasus
Hasil Penelitian Yang Terdapat dalam Bab V Skripsi Ini Adalah :
  1. Prosedur pembuatan AJB di Desa Bangkaloa Ilir adalah, Masyarakat yang hendak menjual dan membeli Tanah datang Ke Balai Desa kemudian disasksikan Perangkat Desa setempat dan jika syarat-syarat materil sudah dipenuhi, maka kemudian Kuwu meminta Dana Pembuatan AJB dan kemudian Kuwu menyerahkanya ke PPAT. Dalam artian Pejabat Pembuat Akta Tanah (Notaries) tidak ikut menyaksikan jalannya proses jual beli antara pemilik tanah dan Pembeli tanah karena penyaksian jual beli dan pemeriksaan syarat-syarat lain diperiksa oleh Pejabat Desa.
  2. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Desa Bangkaloa Ilir dalam Pembuatan AJB adalah (1) Ketika terjadi jual beli tanah pada dsarnya antara Penjual dan pembeli masing-masing sudah sepakat menjual dan membeli tanah tersebut. (2) Pembeli dan penjual kemudian mendatangi Kantor Balai Desa Desa Bangkaloa Ilir untuk menyaksikan Jual beli yang dilakukan mereka sekaligus mengkuasakan pengurusan surat-surat kepada Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir. (3) Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir, mendatangkan saksi-saksi lain baik dari keluarga penjual maupun pembeli untuk juga turut menyaksikan proses jual beli.(4) Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir memeriksa syarat-syarat jual beli baik itu syarat materil maupun formil. Yang mereka ketahui dari pengajaran yang dilakukan Notaris maupun membaca langsung UUPA. (5) Ketika syarat-syarat semuanya memenuhi maka kemudian pemerintah Desa meminta ongkos pembuatan AJB sebagaimana yang berlaku Di Desa tersebut.(6) Jika ternyata jual beli itu tidakemenuhi syarat formil maupun materil maka pemerintah Desa Bangkaloa Ilir membatalkan kegiatan jual beli.(7) Pemerintah Desa Bangkaloa Ilir dalam hal ini dikawakili Kuwu Desa Bangkaloa Ilir secara langsung nantinya mendatangi Notaris (PPAT) untuk agar supaya dibuatkan AJB.  (8) Penandatangan AJB tidak dilakukan secara langsung melainkan ditandatangni kemudian.
Setelah mengetahui latar belakang, tujuan, dasar-dasar pemikiran dan hasil penelitian yang telah ditulis dalam bab-bab yang ada pada skripsi yang telah dibuat, barulah kemudian kita dapat menuliskan abstrak Skripsi yang didasarkan pada kelima hal tersebut, perlu dicatat bahwa penulisan abstrak tidak boleh lebih 1 lembar, penulisan nama dan NIM mahasiswa didahulukan, dan Abstrak tersebut kemudian berisi ke 5 hal yang telah disebutkan, dimana masing-masing dari pembahasan yang lima tersebut ditempatkan pada paragraph tersendiri, dengan kata lain Abstrak yang baik memiliki 5 paragraf, paragraph ke 1 berisi latar belang ke 2 berisi tujuan, ke 3 berisi dasar pemikiran, ke 4 berisi metodologi penelitian dan yang kelima berisi hasil penelitian. Adapun Abstrak dari kasus penelitian di atas adalah sebagai berikut:
Demikianlah cara cepat membuat Abstrak Skripsi dengan benar, semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman yang baik buat anda sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel