Uji Prosentase Dalam Skripsi

Uji Prosentase bertujuan untuk mengukur besaran prosentase tiap-tiap niali variabel penelitian (X dan Y). Adapun rumus prosentase yang dimaksud yaitu:
Penjelasan :
 (Anas Sudijono, 2001: 40)
Setelah peneliti berhasil menganalisis besarnya prosentase kedua variabel tersebut kemudian peniliti menafsirkannya dengan kriteria penafsiran sebagaimana berikut:
Tafsir Prosentase:
(Anas Sudjiono, 2001: 118)
Pada angket No 1 Variabel X (Manajemen Pengaturan Shfit Kerja (X)) diajukan pertanyaan angket kepada 28 responden dengan pernyataan sebagai berikut:
Menanggapi pernyataan seperti itu ternyata diperoleh data bahwa sebanyak 7 responden menjawab SS, 19 Responden menjawab S, sementara sisanya 2 Responden menjawab TS. Untuk mengetahui prosentase jawaban tiap-tap responden itu, maka diperlukan uji prosentase. Setelah dihitung dengan rumus prosentase dihasilkan hasil penelitian sebagai berikut: 
Perhatikan Garis Block Merah
Atau dengan kata lain 7 Responden itu berarti 25% Responden, 19 berarti 60.86% dan 2 Responden bermaksud 7.14%. 

Cara menghitungnya adalah: f dikali 100% kemudian dibagi n (nilai n dalam kasus ini adalah 28.
Mari dipraktikan pada jawaban SS, berdasarkan data yang ada diketahui:
Angka 25% ini jika ditafsirkan kedalam tafsir prosentase maka diketahui angka 25% adalah kurang dari < 40 %, dengan demikian maka kemudian dapatlah disimpulkan bahwa prosentase responden yang menjawab soal No 1 angket penelitian variable X dinyatan Tidak Baik.
 
Demikian lah cara uji prosentase dalam Skripsi yang data-datanya diperoleh dari penyebaran angket. Untuk memahami bagaimana tatacara pembuatan angekt secara cepat dapat and abaca dalam artikel yang berjudul Cara Cepat Membuat Angket Untuk Skripsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel