Contoh Abstrak Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Contoh Abstrak- Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu kampus ternama di Kota Solo, sebagaimana lazimnya kampus ternama, kampus ini juga mempunyai aturan dalam penyusunan skripsinya, diantaranya adalah tata cara pembuatan abstrak skripsinya. Berikut ini adalah contoh dari penulisan dan penyusunan abstrak di Universitas Sebelas Maret Solo.

PENGARUH VARIASI PANJANG KUNCI, UKURAN BLOK, DAN MODE OPERASI TERHADAP WAKTU EKSEKUSI PADA ALGORITMA RIJNDAEL

TRIHASTUTI YUNIATI

Jurusan Informatika. Fakultas MIPA. Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK 

Algoritma Rijndael merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci simetris cipher blok. Algoritma ini mendukung panjang kunci dan ukuran blok 128-bit sampai 256-bit dengan step 32 bit. Karena termasuk algoritma cipher blok, Rijndael dapat dijalankan pada berbagai macam mode operasi cipher blok. Panjang kunci, ukuran blok dan mode operasi yang digunakan akan mempengaruhi tingkat keamanan dan lamanya waktu eksekusi. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa bagaimanakah pengaruh variasi panjang kunci, ukuran blok dan mode operasi terhadap waktu eksekusi pada algoritma Rijndael.
Eksperimen dilakukan terhadap empat berkas pdf yang ukurannya berbeda, yaitu 2.5 MB, 5 MB, 10 MB, dan 20 MB.  Pada keempat berkas tersebut dilakukan enkripsi dengan berbagai kombinasi panjang kunci, ukuran blok, dan mode operasi. Variasi panjang kunci dan ukuran blok adalah 128-bit, 192-bit, dan 256-bit, sedangkan variasi mode operasi adalah ECB, CBC, dan CFB. Masing-masing kombinasi diulang sebanyak lima kali untuk mendapatkan waktu eksekusi rata-ratanya. Data yang diperoleh kemudian dianalisa bagaimana pengaruh berbagai kombinasi panjang kunci, ukuran blok, dan mode operasi yang digunakan terhadap waktu eksekusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan eksekusi pada mode ECB dan CBC sangat dipengaruhi oleh jumlah putaran, dimana jumlah putaran tergantung pada panjang kunci dan ukuran blok. Pada mode ECB dan CBC, semakin banyak jumlah putaran semakin lama waktu eksekusi. Apabila jumlah putarannya sama, semakin besar ukuran blok semakin cepat waktu eksekusi. Pada mode CFB, waktu eksekusi lebih banyak dipengaruhi oleh ukuran blok, dimana semakin besar ukuran blok semakin lama waktu eksekusi. Sedangkan panjang kunci hanya memberikan pengaruh yang sedikit.

Kata Kunci: Algoritma Rijndael, cipher blok, kriptografi, mode operasi

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel