Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Motivasi merupakan usaha untuk menyediakan kondisi dan situasi sehingga siswa dapat melakukan aktifitas yang dikehendakinya dalam belajar untuk mencaMatematika tujuan yang telah ditentukan. Motivasi dalam belajar bagi siswa sangat penting diberikan oleh orang tua dan guru untuk memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan yang diharapkan. Motivasi dalam belajar bukan tujuan yang dikehendaki, akan tetapi merupakan alat agar perhatian siswa terhadap pelajaran menjadi sempurna.
Para ahli pendidikan telah melakukan penelitian dalam rangka mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. E. Usman Effendi dan Juhaya S. Praja (1984: 62) mengemukakan tiga faktor yang mempengaruhi motivasi, yaitu: motiv dasar, motiv sosial dan motiv objektif.

Motiv dasar (basic motive)

Motiv dasar yaitu motiv yang berasal dari kebutuhan biologis atau keinginan yang bersifat organisme. Motiv dasar ini bagi individu keberadaannya tidak perlu dipelajari karena motiv dasar ini merupakan dorongan yang dimiliki individu sebagai pembawaan, motiv dasar ini akan mengalami perubahan ke tingkat motiv yang lebih tinggi sesuai dengan perubahan individu, maka sangat besar pengaruhnya terhadap motivasi selanjutnya.

Motiv Sosial (Sosial Motive)

Motiv sosial adalah jenis motiv yang dipelajari dan berbeda-beda pada setiap individu atau siswa, motiv ini merupakan pengembangan dari motiv dasar. Motiv sosial ini memerlukan perhatian yang banyak dari orang tua dan guru karena motiv sosial ini mempunyai variasi pada setiap lingkungan individu. Beberapa motiv sosial yang terdapat pada individu dan lingkungannya dikemukakan oleh Tabrani Rusyan (1989: 118):
Motiv untuk dikenal (pengenalan terhadap seseorang akan menimbulkan rasa aman dan kepuasan)
Motiv untuk diakui, untuk menghindarkan siswa dari rasa terasing dari yang lainnya bahkan akan melepaskan diri dari kelompoknya apabila siswa tidak diakui oleh teman-temannya.
Motiv untuk memperoleh penghargaan dan perlakuan yang sama dengan orang lain.
Motiv untuk berkelompok, untuk menimbulkan keprcayaan pada diri sendiri.
Motiv untuk memperoleh status sosial.

Motiv objektif

Motiv objektif ini sama dengan motiv sosial, perlu dipelajari untuk mengetahui dan memahami kondisi yang sebenarnya mengenai siswa dalam melakukan berbagai aktifitas dalam belajar, yang termasuk dalam motiv objektif menurut E. Usman Effendi dan Juhaya S. Praja (1984: 69):
Exploration motive, yaitu motiv untuk menyelidiki dengan tujuan untuk memperoleh kebenaran yang lebih objektif.
Manipulation motive, yaitu motiv yang bertujuan untuk memanfaatkan sesuatu yang ada dalam lingkungannya sehingga dapat berguna untuk kegiatan belajarnya.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel