Pengertian Prestasi Belajar
02/06/18
Tulis Komentar
Prestasi belajar merupakan istilah yang tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Istilah tersebut lazim digunakan sebagai sebutan dari penilaian dari hasil belajar. Dimana penilaian tersebut bertujuan melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajarinya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Prestasi belajar terdiri dari dua kata, yakni prestasi dan belajar. Prestasi belajar digunakan untuk menunjukkan hasil yang optimal dari suatu aktifitas belajar sehingga artinya pun tidak dapat dipisahkan dari pengertian belajar .
Secara bahasa prestasi mempunyai pengertian hasil yang telah dicapai dari seuatu hal yang telah dikerjakan. Sementara prestasi belajar adalah penguasaan atau kemampuan yang dikembangkan melalui mata Pelajaran (KBBI v1 :2009) atau dalam definisi yang lebih singkat bahwa prestasi adalah .hasil yang telah di capai (dilakukan dan dikerjakan)
Senada dengan pengertian di atas WJS Purdaminta (1987:768) prestasi adalah hasil yang telah di capai dari apa yang dikerjakan/yang sudah diusahakan.
Menurut Mas’ud Khasan Abdul Qahar, prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. (Saeful Bahri Jamarah,1994 :20)
Tidak jauh dari pengertian yang dikemukakan oleh Masud Syaiful Bahri Djamarah menyatakan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan keuletan kerja, baik secara individual maupun kelompok dalam bidang kegiatan tertentu.
Berdasarkan pengertian prestasi belajar di atas maka dapat diketahui bahwa prestasi itu ada setelah melakukan sesuatu hal, dengan demikian berarti prestasi belajar seorang siswa itu ada setelah sebelumnya mengikuti kegiatan pembelajaran, tes dan lain sebagainya.
Dengan demikian, dapat dinyatakan beberapa rumusan dari pengertian prestasi belajar, diantaranya bahwa prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau materi yang dikembangkan oleh mata pelajaran.
Hasil belajar menurut Nana Sudjana adalah kemampuan yang dimiliki siswa, setelah ia menerima pengalaman belajarnya. (Nana Sudjana, 1992:22) sedangkan menurut Hadari Nawawi (1982:100) prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan murid untuk mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi.
Dalam dunia pendidikan, bentuk penilaian dari suatu prestasi bisaanya dapat dilihat atau dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka. Jadi, prestasi belajar adalah hasil yang diraih oleh peserta didik dari aktifitas belajarnya yang di tempuh untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diwujudkan dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku dan pada umumnya dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka.
Prestasi belajar yang didapatkan oleh seorang siswa bersifat sementara kadang kala dalam suatu tahapan belajar, siswa yang berhasil secara gemilang dalam belajar, sering pula dijumpai adanya siswa yang gagal. Seperti angka raport rendah, tidak naik kelas, tidak lulus ujian akhir dan sebagainya.
Prestasi belajar terdiri dari dua kata, yakni prestasi dan belajar. Prestasi belajar digunakan untuk menunjukkan hasil yang optimal dari suatu aktifitas belajar sehingga artinya pun tidak dapat dipisahkan dari pengertian belajar .
Secara bahasa prestasi mempunyai pengertian hasil yang telah dicapai dari seuatu hal yang telah dikerjakan. Sementara prestasi belajar adalah penguasaan atau kemampuan yang dikembangkan melalui mata Pelajaran (KBBI v1 :2009) atau dalam definisi yang lebih singkat bahwa prestasi adalah .hasil yang telah di capai (dilakukan dan dikerjakan)
Senada dengan pengertian di atas WJS Purdaminta (1987:768) prestasi adalah hasil yang telah di capai dari apa yang dikerjakan/yang sudah diusahakan.
Menurut Mas’ud Khasan Abdul Qahar, prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. (Saeful Bahri Jamarah,1994 :20)
Tidak jauh dari pengertian yang dikemukakan oleh Masud Syaiful Bahri Djamarah menyatakan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan keuletan kerja, baik secara individual maupun kelompok dalam bidang kegiatan tertentu.
Berdasarkan pengertian prestasi belajar di atas maka dapat diketahui bahwa prestasi itu ada setelah melakukan sesuatu hal, dengan demikian berarti prestasi belajar seorang siswa itu ada setelah sebelumnya mengikuti kegiatan pembelajaran, tes dan lain sebagainya.
Dengan demikian, dapat dinyatakan beberapa rumusan dari pengertian prestasi belajar, diantaranya bahwa prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau materi yang dikembangkan oleh mata pelajaran.
Hasil belajar menurut Nana Sudjana adalah kemampuan yang dimiliki siswa, setelah ia menerima pengalaman belajarnya. (Nana Sudjana, 1992:22) sedangkan menurut Hadari Nawawi (1982:100) prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan murid untuk mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi.
Dalam dunia pendidikan, bentuk penilaian dari suatu prestasi bisaanya dapat dilihat atau dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka. Jadi, prestasi belajar adalah hasil yang diraih oleh peserta didik dari aktifitas belajarnya yang di tempuh untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diwujudkan dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku dan pada umumnya dinyatakan dalam bentuk simbol huruf atau angka-angka.
Prestasi belajar yang didapatkan oleh seorang siswa bersifat sementara kadang kala dalam suatu tahapan belajar, siswa yang berhasil secara gemilang dalam belajar, sering pula dijumpai adanya siswa yang gagal. Seperti angka raport rendah, tidak naik kelas, tidak lulus ujian akhir dan sebagainya.
Belum ada Komentar untuk "Pengertian Prestasi Belajar"
Posting Komentar