SPSS, Pengertian, Kegunaan Dan Hubungannya Dengan Skripsi

SPSS merupakan program teropuler dikalangan mahasiswa yang sedang membuat skripsi kuantitatif, sebab  program tersebut banyak membantu mereka untuk menganalisis hasil data skripsinya. Bantuan SPSS ini terbilang besar bagi penyelesaian penyusunan skripsi kuantitatif, sebab  pada umumnya apabila perhitungan Skripsi kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rumus manual diperlukan waktu yang lama dalam menyelesaiakannya.

Untuk memberikan pemahaman terhadap anda seputar SPSS ditinjau dari pengertian, kegunaan dan hubungannya dengan skripsi, maka kami berupaya menjalskan secara rinci, bagain demi bagain mengenai ketiganya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Pengertian SPSS-

Secara bahasa merupakan kependekan dari kata Statistical Package For Sosial Sciens. Yang mempunyai maksud sofwere yang berfungsi untuk menganalisis data, atau melakukan perhitungan statistic, apakah itu statsitik parametrik maupun non parametrik dengan basis windows.

Jadi SPSS itu singkat ceritanya sebagai alat bantu/media untuk menghitung. Sama seperti kalkulator, alat yang diperuntukan untuk menghitung, hanya saja SPPSS ini bentuknya sofwer, ia hanya bisa difungsikan ketika di instal di Komputer atau Windows.

SPSS mempunyai banyak versi, versi terlawas tentu versi 1, sementara yang terbaru adalah veris 24. SPSS di Indonesia dikenal melalui versi 6, hingga kemudian sekarang versi lainnya popular digunakan di Indonesia, seperti Versi 12, 16, 17 dan lain sebagainya.

Kegunaan SPSS-

Sebagaimana yang telah disinggung dalam sub  bab  judul sebelumnya, bahwa SPSS itu Sofwer untuk analisis statistika. Maka sudah tentu kegunaan SPSS itu untuk menghitung. Seperti mnghituang mean, median, standard devisi, regresi, pearson, dan lain sebagainya. Karena kegunaannya untuk mengitung hal-hal tersebut.

Hubungan SPSS Dengan Skripsi-

Skripsi merupakan karya ilmiah yang harus diselesaikan mahasiswa Starta Satu, atau sarjana. Pembuatan Skripsi ini ada yang kualitatif (Tidak melibatkan hitung-hitungan/rumus), dan kuantitatif  (melibatkan hitung-hitungan/rumus).

Pembuatan Skripsi kuantitatif ini yang berhungan dengan SPSS, Sofwer SPSS dapat dijadikan sebagai alat untuk menghitung skripsi kuantitatif yang didalamnya terdapat rumus-rumus statsika, seperti regresi, pearson, median, mean, prosentase, deskripsi dan lain sebagainya. Begitulah hubungannya. 

Belum ada Komentar untuk "SPSS, Pengertian, Kegunaan Dan Hubungannya Dengan Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel