Kualitas Makanan

Kualitas, tidak hanya pada jasa namun juga merupakan aspek penting dalam produk makanan. Pelanggan yang datang untuk menikmati makanan tentunya akan mengharapkan makanan yang berkualitas dimanapun mereka makan. Menurut Pemerintah Negara Manitoba, Perancis, kualitas makanan mengacu pada karakteristik makanan yang membuatnya diterima oleh pelanggan. Ini termasuk faktor eksternal seperti penampilan, tekstur, rasa dan prosedur pengolahan makanan/resep. Sedangkan menurut Peri (2006:3) kualitas makanan merupakan kondisi penting untuk memenuhi kepuasan dan ekspektasi pelanggan yang datang.
Dalam hasil penelitiannya, Soriano (2002) menyimpulkan bahwa kualitas makanan merupakan faktor penting dalam sebuah usaha yang bergerak di industri jasa penyedia makanan seperti restoran. Tidak hanya penting tapi juga kualitas makanan menempati urutan pertama yang dipilih bagi pelanggan untuk kembali restoran yang baru diikuti oleh kualitas pelayanan, harga dan tempat. Bahkan kualitas makanan mempengaruhi nilai yang dirasakan pelanggan suatu restoran (Han dan Jang, 2009).

Dengan pentingnya kualitas makanan bagi suatu restoran tentunya restoran harus dapat memantau kualitas makanan yang mereka sajikan agar dapat terus memenuhi ekspektasi pelanggan. Andaleeb dan Conway dalam Andriani (2011: 5) mengungkapkan bahwa restoran yang ingin melakukan layanan memuaskan bagi pelanggannya hanya perlu memperhatikan kualitas layanan, harga dan kualitas makanan.

Untuk memahami dan mempertahankan kualitas makanan yang baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurut Marsum (2005:159) yaitu:

Flavor (Rasa)

Tentunya dalam menyediakan suatu hidangan rasa makanan harus enak dengan baunya yang sedap. Meskipun rasa bersifat relatif namun makanan dengan rasa yang enak dapat menjadi unsur penting dalam kualitas makanan.

Consistency (Kemantapan/Ketetapan)

Hidangan yang disajikan harus sesuai dengan standar yang ada untuk menjaga rasa, aroma dan kualitas tetap baik menurut prosedur pengolahan atau resepnya.
Texture/Form/Shape (Susunan/Bentuk/Potongan)
Texture/sususan disini menjelaskan tentang upaya menyusun suatu hidangan yang lengkap yang harus memperhatikan adanya hidangan:

  • Yang dikunyah baru di telan seperti hidangan pembuka
  • Yang langsung ditelan tanpa dikunyah seperti sup
  • Yang dikunyah baru di telan seperti makanan utama
  • Yang dikunyah baru di telan lagi seperti makanan penutup

Susunan diatas mengacu pada susunan hidangan untuk 1 orang. Sedangkan Form/Shape adalah irisan/potongan makanan yang disajikan. Baiknya potongan/irisan makanan tidak monoton namun bervariasi untuk semua hidangan yang disediakan.

Nutritional Content (Kandungan gizi)

Dalam menyajikan hidangannya restoran harus memperhatikan kandungan gizinya. Seperti dalam satu hidangan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, serat dan kandungan gizi penting lainnya yang sesuai untuk porsi dewasa.

Visual appeal (Daya penarik lewat ketajaman mata)

Hidangan yang disajikan harus diatur, disusun dengan rapi dan menarik sehingga menimbulkan selera makan bagi pelanggan yang datang.
Aromatic appeal (Daya penarik lewat aroma)
Hidangan yang disajikan harus sedap/harum aromanya sehingga lebih membangkitkan selera makan pelanggan. Menurut penyelidikan ternyata daya penarik lewat mata jauh lebih kuat dari pada daya penarik lewat aroma.

Temperature (Suhu)

Dalam menyajikan makanan harus diperhatikan suhunya. Bila makanannya panas maka harus disajikan dalam keadaan yang panas, bila memungkinkan dengan piring yang panas. Begitu juga untuk makanan yang dingin.

Bila 7 hal diatas terpenuhi maka suatu makanan dapat dibilang berkualitas dan siap disajikan.
Meski kelihatannya kualitas makanan yang disebutkan bukan merupakan hal yang sulit untuk dijaga nyatanya tidak semua restoran memiliki ketahanan untuk menjaga 7 hal ini. Banyak restoran yang lebih mementingkan bagaimana hidangan dapat cepat dijual sehingga mereka tidak memperdulikan bagaimana konsistensi ataupun temperatur makanan yang telah ditetapkan.

Belum ada Komentar untuk "Kualitas Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel