Panduan Menghadapi Sidang Skripsi PBA IAIN Cirebon

Jika anda mahasiswa PBA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, maka yang perlu anda persiapkan dalam mengikuti Sidang/Munaqosah Skripsi adalah dengan cara memahami betul Isi Skripsi yang anda buat. Untuk tampak betul-betul memahami Skripsi yang anda buat sebaiknya anda harus mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sekiranya akan muncul dalam siding.
Nah dalam artikel kali ini kami akan mencoba memandu anda untuk belajar cepat agar dapat menghadapi siding Skripsi dengan mendapatkan nilai yang memuskan. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

Contoh : Skripsi anda berjudul “Penerapan Permainan Domino Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa”.

Maka pertanyaan yang dimungkinkan akan muncul adalah sebagai berikut:
1. Latar belakangnya apa ?
2. Dasar pemikirannya apa ?
3. Tujuannya Apa ?
4. Pake Metode Apa ?
5. Hasilnya Apa ?

Jawab :

Semua jawaban dari pertanyaan yang lima itu terangkum dalam Ikhtisor…. Perhatikan Ikhtisor itu ada 5 Paragraf, kelimanya merupakan jawaban dari pertanyaan di atas.

Kalau bisa jawab pertanyaan yang lima di atas dengan lancar maka dosen biasanya baru menayakan dengan pertanyaan yang lain-lain. Seperti :

Permainan Domino Itu Kaya Apa sih..?
Jawab : Tunjukan Media/permainanya, atau perlihatkan contohnya dalam bab II

Nah adapun soal statistik, dosen biasanya gak mendalem-mendalem, sebab dosen PBA umumnya kurang begitu peduli.

Tapi yang perlu diperhatikan bahwa untuk penelitian Eksperimen alat yang digunakan untuk penelitian itu:

Tes, Untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami Mufradat baik setelah dan sebelum diberikan perlakuan (Maksudnya Ngajar Mufradat Pake Domino)

Lembar Observasi, ini digunakan untuk berbagai macam, buat bab I, yang biasanya ditulis dalam khalfiyatul bahst, dan Observasi juga untuk mengidentifikasi kondisi pembelajaran, seperti tata cara ngajar guru baik atau tidak, siswanya bagaimana dalam kegiatan pembelajaran tersebut dan lain sebagainya.

Jadi kalau anda setidak-tidaknya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar anda akan dianggap menguasai Skripsi anda sendiri. Kalau sudah dianggap menguasai Skripsi Sendiri maka tentu DOsen Penguji anda akan memberikan nilai yang baik pula. Selamat mencoba…!!

Belum ada Komentar untuk "Panduan Menghadapi Sidang Skripsi PBA IAIN Cirebon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel