Pengertian Belajar dan Cirinya

Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.  Sebagian besar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar.

Beberapa pengertian belajar menurut (Mahmud, 2010: 61) dapat dilihat sebagai berikut:
Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya

Belajar adalah perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan. Belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap baru. Belajar adalah proses munculnya atau berubahnya suatu perilaku karena adanya respons terhadap suatu situasi. Belajar adalah perubahan perilaku yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman.

Menurut Bourne (dalam Mahmud, 2010: 63) perubahan yang dimaksud dalam belajar merupakan akibat pengalaman dan latihan. Menurut Whiterington (dalam E.kosash 2014:2) mendefinisikan belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan.

Menurut Rusman (2010:134) belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu sebagai hasil dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan lingkungan, belajar bukan hanya sekedar menghafal, melainkan suatu proses mental yang terjadi dalam diri seseorang.

Dalam pengertian psikologis, belajar merupakan suatu proses yang bersifat internal. Perubahan yang menjadi fokus pengertian belajar tidak dapat terlihat secara kasat mata, dalam arti konkret.  Belajar terjadi dalam diri seseorang yang sedang mengalami proses belajar. Proses perubahan tersebut terjadi pada wilayah sikap, kecerdasan motorik dan sensorik, dan keadaan psikis.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka dapatlah dipahami bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku seseorang untuk mencapai berbagai macam kompetensi keterampilan sehingga terjadi perubahan tigkah laku seseorang dari pengalaman sebagai hasil proses belajar.

Ciri-ciri Belajar 

Pada dasarnya hakikat belajar adalah adanya suatu perubahan pada diri pembelajar, dan perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar yang dilakukan secara sengaja oleh setiap individu tersebut, jika tidak ada perubahan maka belum bisa disebut dengan belajar. Mungkin semua orang dapat mengalami proses belajar, namun tidak semua orang dapat belajar.
Ciri- ciri belajar menurut (E.kosasih 2014:2), yaitu adanya perubahan tingkah laku, sementr Itu melalui sudut pengalaman atau adanya interaksi dengan sumber belajar.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut seseorang yang membaca atau mengikuti ceramah tanpa disertai dengan perubahan tingkah laku bukanlah belajar, sebaliknya seseorang yang mengalami perubahan tingkah laku secara tiba-tiba tanpa dilatarbelakangi oleh suatu pengalaman tertentu, juga bukan belajar. Dengan demikian seseorang dapat dikatakan belajar apabila mengalami perubahan tngkah laku yang berdasarkan pengalaman atau interaksi dengan sumber belajar.

Menurut Asep Jihad dan Abdul haris (2012: 6) ciri-ciri perubahan dalam belajar meliputi perubahan yang bersifat intensional (disengaja), positif dan aktif (bermanfaat dan atas hasil usaha sendiri, dan efektif dan fungsional (berpengaruh dan mendorong timbulnya perubahan baru).

Menurut Hamalik dalam Jihad, dkk (2012:3) ciri-ciri belajar yaitu:

  • Proses belajar harus mengalami, berbuat, mereaksi, dan melampaui
  • Melalui bermacam-macam pengalaman dan mata pelajaran yang berpusat pada suatu tujuan tertentu
  • Bermakna bagi kehidupan tertentu
  • Bersumber dari kebutuhan dan tujuan yang mendorong motivasi secara keseimbangan
  • Dipengaruhi pembawaan dan lingkungan
  • Dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan individual
  • Berlangsung secara efektif
  • Proses belajar terbaik adalah apabila mengetahui status dan kemajuannya.
  • Kesatuan fungsional dari berbagai prosedur.
  • Hasil-hasil belajar secara fungsional bertalian satu sama lain tetapi dapat didiskusikan secara terpisah.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapatlah dipahami bahwa ciri-ciri dari belajar adalah adanya perubuhan tingkah laku dari peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran dan perubahan tersebut mengarah dalam hal yang lebih baik dengan tujuan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Belajar dan Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel